Film Pendek, Make Do It Now!

Film Pendek, Make Do It Now!
Film Pendek, Make Do It Now! - Hai para calon sineas muda berbakat Indonesia. Jangan ragu yuk untuk mencoba membuat karya, baik dalam bentuk scenario film pendek, atau pun langsung membuat film pendek yang memiliki pesan moral bagi penontonnya.

Bagi kita yang masih terus belajar dan belajar, berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam membuat film pendek. Jadi dengan mengikuti langkah-langkah yang akan diuraikan ini, semoga kita dapat mengurangi beberapa hal yang tidak seharusnya kita lakukan dalam pembuatan film pendek. Meskipun begitu, ini merupakan saran-saran saja yah, dan dapat dikembangkan berdasarkan keahlian dan pengalaman.

Dalam sebuah Film Pendek Stop Motion, satu hal yang sangat penting adalah kualitas gambar yang layak untuk ditonton. Jadi sebelum semuanya dimulai untuk proses produksi, maka selayaknya kita bertanya: Apakah semua pentonton  pasti menonton film yang akan kita buat? Jawabnya, Simply Yes!

Sebelum menulis skenarionya, marilah tanyakan kepada diri sendiri terlebih dahulu; mengapa orang harus menonton film yang akan kita buat.

Hal yang paling sakral dalam sebuah produksi adalah budgeting, jadi jangan mulai produksi tanpa adanya price range.

Film pendek, meskipun sederhana sangat membutuhkan biaya. Meski besar biaya memang tidak terbatas pada nominal, bisa berbiaya besar atau pun bisa kecil. Dengan membuat prakiraan biaya (spending budget), maka kita akan lebih tahu apa yang harus kita lakukan dengan uang yang dimiliki. Proses produksi tanpa budget ini akan menyebabkan rencana-rencana tidak bisa ditebak. Apalagi jika uang yang tersedia tidak mencukupi, bisa-bisa pengambilan gambar yang sedang dikerjakan tidak selesai-selesai.

Budget mungkin sama pentingnya dengan sebuah perijinan. Jadi jangan lupa untuk meminta ijin, mulai dari lokasi shooting, penyewaan, dan lain sebagainya. Minta persetujuan pihak-pihak yang terlibat

Sebelum shooting dilakukan, baiknya meminta persetujuan tertulis dari pihak-pihak yang terlibat didalam film pendek, seperti aktor/aktris, director, art, crew, atau siapa saja yang ingin berkontribusi. Bereskan dulu semua ini. Karena jika tidak, maka jika diwaktu berikutnya terjadi ketidakkonsistenan dari pihak-pihak tersebut akan terasa sulit dimintakan pertanggung jawabannya. Make, do it Now!

0 komentar:

Posting Komentar