Rencanakan Kitchen Design Berdasar Fungsinya

Rencanakan Kitchen Design Berdasar Fungsinya - Dalam menentukan kitchen design kita tidak bisa melakukan dengan tergesa-gesa harus dilakukan dengan hati – hati, Untuk itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu aktifitas dan fungsi dapur tersebut untuk apa agar bisa diperoleh manfaat yang optimal.

Dapur dapat diibaratkan sebagai jantung didalam sebuah rumah, karena merupakan pusat kegiatan rumah tangga. Berbagai aktifitas yang berkenaan dengan pengolahan bahan makanan untuk sumber tenaga dan nutrisi bagi keluarga berlangsung di tempat ini. Berdasarkan aktifitasnya dapur dibagi menjadi dua jenis yaitu dapur basah dan dapur kering.

Dapur Basah merupakan area dapur dimana aktifitas mengolah makanan berlangsung, mulai dari proses penyimpanan bahan makanan, mencuci bahan makanan dan peralatan alat masak  hingga mengolah bahan makanan tersebut menjadi siap untuk disantap.  Sedangkan dapur kering merupakan area dapur yang digunakan untuk kegiatan yang ringan seperti menyeduh kopi atau teh, atau untuk menyajikan makanan untuk sarapan pagi. Dapur kering bisa juga dipergunakan sebagai area berkumpul keluarga untuk sekedar berbincang sambil menikmati cemilan ringan.

Setelah anda mengetahui tentang pembagian aktifitas  dari kedua dapur ini, saatnya merencanakan kitchen design yang paling tepat untuk rumah anda,dalam merencanakan dapur sebaiknya anda mengikuti kaidah segitiga dimana didasarkan pada tiga fungsi utama dapur, yaitu untuk penyimpanan, persiapan dan pengolahan bahan makanan.

Setelah mengetahui pembagian dapur ini, saatnya membuat perencanaan letak di dapur. perencanaan desain dapur sebaiknya mengikuti kaidah segitiga. Kaidah ini dibuat berdasar pada tiga fungsi utama dapur yaitu sebagai tempat penyimpanan, persiapan, dan pengolahan. Berdasarkan kaidah segitiga ini,  anda harus memperhatikan jarak diantara lemari pendingin/ kulkas, kompor, dan kitchen Sink posisinya harus seimbang. Apabila  ditarik garis lurus maka harus membentuk segitiga. bentuk idealnya adalah segitiga sama sisi.

0 komentar:

Posting Komentar